Minggu, 06 November 2016

Mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia

Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, yang sering kita sebut juga dengan nusantara. Jumlah penduduk Indonesia tahun 2013 adalah 260 juta jiwa.  Indonesia juga adalah Negara dengan penduduk muslim terbanyak pertama didunia , menurut mapsofworid.com sekitar 209.120.000 angka ini mencakup 13,1 persen dari jumlah populasi muslim didunia. Maka  dengan data tadi Indonesia adalah Negara yang cukup di perhitungkan oleh Negara lain.

Berbicara tentang Negara Indonesia maka salah satu instrumen di dalamnya adalah dari sektor ekonomi. Perekonomian di indonesa dipengaruhi oleh system perekonomian yang dianutnya. Sejarah menyebutkan perkembangan perekonomian Indonesia pada tahun 1950-1959 sistem yang dianut adalah system liberal, 1959-1965 adalah system etatisme, 1966-1998 ekonomi pancasila. dari system yang di anut tadi lantas seperti apa perekoniman Indonesia saat ini…???

Perekonomian Indonesia saat ini banyak yang menilai dalam masa peningkatan. Ini terlihat dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat . dalam sektor keuangan kita bisa lihat banyaknya tumbuh bank-bank baru yang ini juga salah satu dari peningkatan dalam sektor ekonomi..

Ketika munculnya bank-bank dalam sektor keuangan maka ini ada hubungan yang erat dengan perkembangannya bank-bank syariah di Indonesia. Banyaknya  bank syariah adalah tanda berkembangnya ekonomi syariah pada era ini. Karena bukan hanya di sektor perbankan saja ekonomi syariah berkembang tapi di sektor non bank pun berkembang.

Perkembangan ekonomi islam mulai mendapatkan tempat pada saat didirikannya bank muamalat pada tahun 1992. Undang –undang yang mendukung itu pun di buat seperti uu no 7 tahun 1992 yang kemudian di ubah dengan uu no 10 tahun 1998 dan uu no 23 tahun 1999 tentang bank indonesia. Dari sinilah kemudian ekonomi islam di Indonesia mulai tumbuh dan berkembang pesat.

Perkembangan ekonomi islam yang semakin marak ini merupakan cerminan dan kerinduan umat islam di Indonesia khususnya para pelaku ekonomi yang menginginkan keridhoan dari allah swt. Namun pertanyaannya adalah upaya apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatakan dan mengembangkan ekonomi islam di Indonesia.

Mayoritas penduduk Indonesia yang sebagian besar adalah beragama islam inilah yang turut andil dalam perkembangan ekonomi islam. System ekonomi islam yang bisa dikatakan transfaran,jujur, adil dan stabil menambah daya Tarik masyarakat untuk beralih kesistem ekonomi syariah. Akan tetapi, jumlah penduduk islam yang dominan dan besar tidak menjamin berkembangnya ekonomi syariah yang berkualitas. hal ini disebabkan masih kurangnya pemahaman sebagian besar masyarakat terkait ekonomi islam dan masih minimnya sumberdaya manusia yang ahli dan propesional dalam bidang ini.

Lantas upaya apakah yang bisa kita lakukan agar ekonomi islam di Indonesia bisa berkembang dengan kualitas yang baik. Yang didalamnya terdapat pemahaman yang baik dari pelakunya dan tersedianya sumberdaya manusia yang mumpuni.

Upaya yang pertama adalah dengan banyak membangunnya lembaga-lembaga di sektor keuangan contoh bank syariah, penggadaian syariah, KPR syariah, asuransi syariah, dan lembaga keuangan lainya yang berbasis syariah. Ini adalah upaya yang baik karena erat hubungannya dengan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya.

BMT dan koprasi syariah juga adalah salah satu instrument yang sangat berpeluang untuk mengembangkan ekonomi syariah karena kedudukan dan pungsi dari BMT dan koprasi syariah lebih kepada masyarakat menengah kebawah. Mudahnya untuk di akses oleh masyarakat, inilah yang kemudian menjadi salah satu bagian penting dalam perkembangan ekonomi islam.
tidak hanya di sana lembaga non bank pun sanangat dibutuhkan seperti lembaga penghimpun zakat infak dan sodaqoh. Karean ketika masyarakat paham atas zakat, infak dan sodaqoh ini bisa menjadi sumber yang sanangat baik untuk kesejahtraan masyarakat. Banyak dari dana ZIS ini yang kemudian bisa dijadikan untuk pembangunan dalam sektor inprastruktur dan pemberdayaan sumberdaya manusia dan alam yang baik.

Yang kedua upaya pengembangan ekonomi syariah di Indonesia adalah dengan berdirinya lembaga pendidikan di sektor ini. Berkembangnya ekonomi syariah ini tentunya juga banyak membutuhkan sumberdaya manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam menjalankan roda pergerakan ekonomi syariah ini. Maka sangat tepat dengan berdirinya lembaga pendidikan ini yang nantinya bisa menghasilkan sumberdaya manusia yang baik.

Dan yang ketiga adalah upaya untuk mengembangkan ekonomi islam itu dengan banyaknya kegiatan unit usaha yang berlandaskan syariah. Karena semakin banyak kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat maka semakin besar juga peluang ekonomi syariah ini berkembang atas dasar kebiasaan dalam bermuamalah secara islami.

Kesimpulan dari ini semua bahwa upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam pengembangan ekonomi islam di Indonesia yaitu dari seberapa banyak aktifitas dan sarana yang menunjang dan seberapa dalam penanaman nilai-nilai syariah serta pembinaan sumberdaya manusia yang baik secara berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar